Cara Format Flash Disk yang Terproteksi

Sobat pernah mem-Format FlashDisk yang Terproteksi? Saya sudah sob dan rasanya kesal sekali saat memformat flash disk yang terproteksi. Aneh kan flashdisk yang tadinya normal-normal saja bisa menjadi aneh saat kita melakukan hal-hal yang salah terhadap flashdisk. Oke sob kali ini saya akan membahas sedikit tentang penyebab flashdisk menjadi terptoteksi atau write protected.

Cara Format Flash Disk yang Terproteksi

Penyebab Write Protected

1. Terkena virus
Ah ga mungkin masa firus merusak flashdisk? yap betul sob virus bisa merusak flashdisk tetapi bukan dari sisi 'hardware' secara langsung melainkan dari sisi 'software', tetapi efeknya bisa merusak hardware juga sob. Coba bayangkan flashdisk yang secara normal bisa mengcopy dan bisa kita gunakan sebagai mana layaknya flash disk tiba-tiba di blok oleh virus, walhasil kita kesal dan flash disk di banting dan di cabut sembarangan hehehe jadi rusak kan flash disk-nya. Seperti halnya syetan mengganggu kita sob, mereka menggnggu secara halus dengan bisikan-bisikan yang merayu seperti "ayoo minum khamer kalo lagi pusing biar seger lagi", "ayo pacaran saja, dia cantik, dia baik, nanti bisa saling kasih semangat kalo pacaran". Tapi nyatanya fisik kita bisa rusak dengan itu sob hehehe #dakwahIsEasy

2. Main cabut flashdisk tanpa di safely
Nah siapa yang suka gini? hayo ngaku? flash disk orang lagi digituin hadeh *maap curhat korban saya sob*. Nah setiap device dari komputer telah mempunyai tata caranya sendiri-sendiri sob, kalo mau cabut ya safely remove hardware dulu (kalo di windows) atau unmount terlebih dahulu (kalo dilinux). Ya sama lah kaya kita sudah dibuat Allah pasti ada tata cara dan aturan mainya, aturan main yang lengkap ya ada di Al Qur'an sob, jadi kalo kita ga ikut aturan ya bisa bisa kita write protected ga bisa di masukin hal-hal baik #dakwahIsEasy.

3. Kegagalan dalam pembuatan bootable USB
Nah kalo ini biasaya bagi yang suka ngoprek-ngoprek sob. Misal membuat instalasi untuk menginstal linux menggunakan USB. Biasanya proses belum lengkap udah keburu dicabut sob. Ya mirip-mirip orang zinah kali ya, belum sah udah maen hajar aja, jadi lah orang yang write protected. Di protect dari rizki (seret rizki), di protected dari kebaikan. #dakwahIsEasy.

Solusi Write Protected

Oke sob setelah kita tahu penyebab Write Protected sekarang kita lanjut untuk solusi flash disk yang terkena write protected. Ada beberapa cara sob yang biasa saya gunakan yang pertama melalui komputer secara langsung yang kedua menggunakn software

Cara 1

1. Masukan Flash Disk ke port USB.
2. Setelah Flash Disk dideteksi tekan "logo windows + R " dan ketik "REGEDIT" (tanpa petik).
3. Nah anda akan terbuka registry editor.
4. Kemudian tekan "Ctrl + F" dan ketik "write protected" dan ok.
5. Setelah ketemu hapus file tersebut maka Flash Disk sudah terbebas dari Write Protected.

Jika masih belum bisa anda bisa melakukan format Flash Disk melalui save mode dengan cara:

1. Restart PC/laptop dan tekan F8 ketika booting.
2.Pilih savemode dan lakukan format flashdisk.

Cara 2

Yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bernama "Any Drive Formatter" untuk aplikasinya silahkan googling saja sob banyak kok. Caranya udah tinggal masukan flashdisk lalu jalankan aplikasinya dan format deh.

Semoga cara diatas bisa membantu, jika masih error ada beberapa cara lagi sob nanti saya share insyaALlah.

0 Response to "Cara Format Flash Disk yang Terproteksi"

Post a Comment

wdcfawqafwef